Tuesday, October 23, 2012

INVITA JOGJA 2012!!!

Nah ini gw balik lagi, dan kali ini gw mau menceritakan kisah gw yang lain, yaitu kegiatan INVITA 2012 ke Jogja.

Tanggal 10 Oktober lalu, gw sama angkatan sekolah gw yang berjumlah 240 orang ditambah guru serta orang tua murid berangkat ke Jogja naik bis dalam rangka INVITA atau Industiral Visit dan Tafakur Alam. kegiatan ini kami lakukan setelah Ujian Tengah Semester. harusnya di jadwal gw berangkat jam 1 siang, tapi gara gara kelas 7 pake mushola sebagai pembahasan trip-nya ke Bandung besok, maka ditunda sampai jam setengah 4 sore. pada akhirnya, karena kelamaan di sekolah BB gw baterenya abis duluan. pada jam setengah 7 malam, kami makan malam di suatu restoran padang, tapi gw ga tau di mana daerahnya. di sana kami shalat isya diqada dengan magrib. setelah itu gw tidur sepanjang perjalanan karena pusing, entah karena mabuk perjalanan atau sudah lama tidak lewat jalan yang berliku.

Pada jam 12 malam entah kenapa pada terbangun, ternyata bis kelas gw berhenti di pom bensin buat yang mau kencing atau sejenisnya, termasuk gw. setelah itu kita melanjutkan lagi perjalanannya. pada jam 2 malam, gw dan beberapa temen gw terbangun karena suatu alasan, bukan karena berhenti tapi ada suatu alasan lain yang ga bisa diceritain. trus gara gara ga bisa tidur lagi kita pada bercanda sampai ditegur guru. lalu entah kenapa semua termasuk gw pun kembali tidur.

Kami pun sampai di restoran paradise di Jogja pada Jam 4 pagi. sebenarnya tujuan kita cuma ada 3, yaitu mandi, makan, dan salat. setelah saya mandi jam setengah 5 dan salat subuh, gw pun bermain kartu UNO dengan temen temen karena entah kenapa makan paginya baru jam 6 pagi. setelah puas bermain tanpa disadari, hari mulai terang dan makanan mulai datang dalam bentuk prasmanan. setelah puas makan pagi, kita pun menunggu di bis, dan entah mengapa bisnya tidak berangkat sampai jam 8 pagi. begitu diatnya alasannya, ternyata pabrik yang kami akan kunjungi baru buka jam 8 pagi.

Setelah jam 8, barulah kami pergi menuju pabrik gula dan alkohol Madukismo. setelah mendengar beberapa penjelasan dari Pak Agus, kami pun mulai menjelajahi pabrik gula dan alkohol. tapi kami diantar dari gedung pembukaan ke pabriknya (jaraknya cukup dekat) dengan kereta lori yang sangat lamban, entah sudah tua atau didesain seperti itu. setelah puas berkeliling, kami pun kembali ke bis. Di bis, ada temen gw yang beli hewan yang diawetkan. gw agak ngeri entah kenapa. setelah ini kami akan melanjutkan perjalanan ke keraton Jogja.

Setelah sampai dikeraton jogja, kami masuk dan mendapat penjelasan dari dayang kerajaan. didalam kami juga melihat banyak sekali peninggalan yang berumur lebih dari setengah abad. gw dan seorang anggota kelompok gw bekerja sama untuk menghasilkan foto yang baik kualitasnya. setelah kami berkeliling diseluruh keraton, kami pun pergi ke restoran Firdaus untuk makan siang dan salat zuhur.

Nah setelah makan siang, kita menunggu sampai sekitar jam 1 atau 2 siang untuk check-in ke hotel. dan ternyata gw jadi salah satu yang bertanggung jawab atas kuci kamar kelompok gw, berhubung gw itu absen 1 di kelas. nah ternyata kita semua nginepnya di hotel Grand Quality Jogja, yang berbintang 4. gw dapetnya kamar yang paling ujung, yang juga lebih luas dari kamar-kamar yang lain. cukuplah buat berempat. temen sekamar gw adalah Alvin A.W, Bayu W, dan Anggaraksa S.W.T. trus kita dikasih istirahat sampe jam 6 sore, di sela waktu itu kita pada mandi bergiliran, beli makanan dan minuman, dan nonton TV.

Pas jam 6 sore, kta semua berangkat buat makan malam sama nonton Sendratari Ramayana. setelah makan malam, gw dan seluruh angkatan nonton sendratar ramayana yang menceritakan tentang kisah Rama dan Sinta. selain angkatan gw banyak juga yang nonton ini termasuk bule bule. malamnya, kita istirahat di kamar bersama teman sekamar masing-masing, dan gw sebeum tidur makan popmie goreng untuk makan tambahan.

Besoknya, gw bangun jam 4 pagi dan seharusnya ada morning call, tapi entah kenapa sampai jam setengah 6 pun tidak ada apa apa. pas gw ngelongok keluar, cuma ada temen gw yang nanyain kalo gw bawa cash ipod atau nggak. ya gw jawab nggak lah. akhirnya pada jam 7 kita udah pada siap siap makan pagi di restoran bawah. dan setelah itu kita pun berangkat ke museum Merapi.

Setelah agak lama, akhirnya kita nyampe di museum merapi, dimana kita semua dapet informasi tentang gunung berapi di seluruh indonesia, sejarah tentang gunung merapi, dan banyak pengetahuan tentang gunung merapi lainnya. kita menonton sebuah film tentang gunung merapi sebelum akhirnya kita melanjutkan perjalanan ke lava tour.

Setelah kita sampe di tempat pemberhentian lava tour, gw dan anak anak seangkatan lainnya trekking 1 kilometer ke makam mbah marijan. kendaraan di sini cukup bervariasi; ada jeep dan motor. gw pilih jalan kaki buat hemat biaya. ada beberapa anak naik motor naik-turun, naik motor sendiri ngboncengin temennya, banyak juga yang jalan kaki. akhirnya kita sampe di rumah mbah marijan.

di atas banyak jalan terjal dan berbatu, dan ada bekas rumah mbah marijan. ada juga warung yang dimiliki oleh keluarga mbah marijan yang masih buka. gw pun ngeliat ke arena trekking motor berbatu yang memiliki pemandangan indah. pada akhirnya kita kembali ke bawah, tapi kali ini gw naik motor karena capek dan bersiap slat jumat.

setelah salat jumat, kami pun pergi ke malioboro. gw ga sempet ngeliat jalanannya karena gw tidur. saat bangun, gw liat semuanya udah pergi, cuma beberapa orang yang baru bangun dan makan siang sma kayak gw. setelah makan siang, gw pergi ke pasar malioboro buat beli oleh oleh keluarga. setelah selesai dan semuanya pada kembali ke bis masing masing, kita pun pergi ke pantai parangtritis.

di pantai parangtritis rencananya gw mau main-main air, tapi gara -gara pemandunya bilang ngga boleh, kita terpaksa cuma ngeliat sunset sambil berdiri. aslinya gw mau main ATV, tapi ga ada duit. kita di pantai parangtritis cuma sampe jam 6, trus kita pergi ke restoran numani. habis makan di sana kita ke temat pembelian bakpia dan oleh oleh khas jogja lainnya. lalu kita balik ke hotel dan tidur.

esoknya gw bangun buat matiin alarm yang gw pasang sendiri jam 4. katanya da morning call tapi ternyata cuma 1 DETIK trus terputus. akhirnya di samping kejengkelan itu, gw ngebangunin temen - temen buat rapihin kamar sama makan pagi trus siap- siap. sekitar jam 10 pagi, w seangkatan OTW ke borobudur, tapi sebelumnya ke dagadu dulu. gw ga turun gara - gara ga ada duit. setelah selesai, dimulailah journey kita ke bororbudur...

sampe di borobudur, kita semua turun dari bis buat dengerin penjelasan pemandu di borobudur. kita naik ke atas candinya selama 15 menit. tapi sebelumnya di jalan setapak ke borobudur, si bayu lari sampe kejungkal di rumput. gw ga sempet foto gw sendiri di jogja karena terlalu sibuk foto keindahan jogja. setelah puas, kita semua nyari jalan ke bis trus hampir kesesat. tapi alhamdulillah ketemu dalam 15 menit setelah muter - muter di kumpulan kios.

waktu nyampe di bus, ternyata cuma ada gw doang. gw tunggu ada temen gw yang dateng. tus kita (para cowo) ganti baju di dalem bis. kebetulan gw bisa foto pak *******, wali kelas gw yang sedang dipijit tukang urut di depan bis. setelah puas menunggu dan semuanya sudah pada selesai, kita pun OTW ke jakarta. malemnya kita makan di restoran di sekita nagrek (kalo ga salah) dan salat isya. kemudian esok harinya jam 4 kita nyampe di jakarta.

udah ye liburan gw di jogja. gw harap ada lagi cerita lain yang bisa gw kasih.
thx,

adit

Tuesday, July 24, 2012

Libur telah usai, hiks

LIBUR TELAH USAI,HIKS...

Pada tanggal 29 Juni lalu, gw dan keluarga pergi ke Singapura naik pesawat Air Asia. kita (kecuali ibu) berangkat ke bandara jam setengah 12. di jalan ga macet, tapi mesti ga salat jumat karena ga keburu. seteah nyampe di bandara, ibu gw yang udah nunggu di sana bergabung dengan kami berempat (ayah, kakak, adik, dan gw). lalu kami berlima masuk ke bandara untuk check tiket dan makan siang di sana. lalu jam 1 kita berangkat ke Singapura. kami sampai di sana jam setengah 5 (jam 3.30 sore di Jakarta) di bandara Changi, Singapura. kita pun pergi ke hotel Ibis Bencoolen, dimana kita akan menginap.

Setelah check-in dan istirahat di hotel, kami pun berjalan-jalan di sekitar Bencoolen, tapi tidak ada makanan yang bisa kami cicipi, karena tidak terjamin kehalalannya. karena itulah, kami hanya berjalan jalan ke seluruh toko di Bencoolen. lalu setelah itu, kami pun pergi ke Mustofa, sebuah departement store yang menjual banyak barang dengan harga murah. kami pun membelibarang barang langka di sana, seperti cokelat dan bolpoin khas Singapura. lalu kami pun kebmbali ke hotel ke istirahat.

Jadi, setelah gw dan keluarga gw siap siap pindah hotel setelah tidur nyenyak, gw dan keluarga pindah dari hotel Ibis Bencoolen ke Novotel Clarke Quay, yang juga salah satu anggota Accor hotels, dan kami check-in di sana. dan setelah gw masuk ke kamar (yang lagi lagi pisah, dan lebih jauh) sama kakak gw, susunan kamar kayak kemarin, yaitu gw sama kakak gw dan adik gw sama ortu gw. setelah istirahat 15 menit, kami berlima berjalan-jalan ke sekitar Clarke Quay. setelah keliling-keliling, orang tua gw menawari kita untuk naik MRT, atau lebih tepatnya Mass Rapid Transit, yaitu semacam kereta bawah tanah yang memiliki banyak stasiun di seluruh Singapura (mungkin..).

Dengan menaiki MRT, kami sepakat bahwa tujuan kami adalah Chinatown, yaitu semacam kota wisata dengan nuansa Cina. karena lapar, gw dan keluarga sepakat untuk makan di restoran halal, dimana gw memesan mi bebek. setelah kami puas menyantap makanan masing-masing, kami pun masuk ke dalam mal di Chinatown lebih jauh lagi. di dalam mal itu kami membeli suvenir untuk sanak saudara keluarga gw. setelah puas berbelanja, dan berhubung hari sudah sore dan gerimis pula, gw dan keluarga pun kembali ke hotel. tapi, gw harus menghabiskan tebu dingin yang gw beli dengan cepat, karena tidak boleh membawa makanan ke dalam stasiun. ketika malam tiba, kami membeli pizza kecil di mal untuk berlima karena terpaksa dan sudah melihat bahannya. setelah itu kami melihat ke dalam mal. kami menemukan banyak toko, ya sebenernya menurut gw sama dengan di Indonesia, tapi ada toko yng khusus untuk 22 tahun ke atas di sana. dan setelah itu kami pergi ke patung Merlion, sebuah patung yang terkenal di Singapura. tapi patung itu sedang diperbaiki, jadi kami hanya bisa foto di patung kecilnya. setelah puas jalan jalan, gw dan keluarga pun kembali ke hotel buat tidur.

Esoknya, sama seperti kemarin, gw sama keluarga mau pindah hotel lagi, dan kali ini kita pindah ke Hard Rock Hotel di Resorts World Sentosa. hotel ini merupakan salah satu hotel yang terkenal di dunia dan memiliki banyak cabang. karena suatu aturan, kami tidak bisa check-in pagi pagi dan harus menunggu sampai jam 2 siang (sekitar jam 1 siang di Jakarta) untuk bisa masuk ke kamar. sementara koper kita dititipkan ke resepsionis, gw sekeluarga main dulu di Universal Studio, yang hampir sama dengan Dufan, tapi agak lebih modern. sebelum itu, kami makan dulu di Toastbox, yang berseblahan dengan Breadtalk (tapi kebanyakan roti abon babi). kami bermain banyak wahana di sana, mulai dari bermacam Petualangan  dimensi sampai Rollercoaster dalam ruangan. kami juga nonton konser band "Rock Monster" yang awalnya gw kira itu sebuah film. setelah puas menonton, kami pun kembali ke hotel.

Sore harinya, gw pun berenang di hotel sebentar. malamnya kami berjalan keluar sebentar, karena besok kami berangkat pagi-pagi buta. di perjalanan sebentar itu  kami membeli roti (tentu saja halal) untuk makan pagi besok. Esoknya jam 4 30 setelah salat subuh (o ya, gw lupa nyebutin kalo cuma di Hard Rock aja yang ada arah kiblatnya) kami berangkat ke bandara Changi. di sana gw dan keluarga membeli suvenir untuk masing-masing. pada jam 6 pagi kami pun kembali ke Jakarta pake pesawat, bye Singapura...

Tapi gw masih banyak cerita yang belum gw tulis.... jadi tunggu cerita slanjutnya yak....